Apa itu Krisis MEV dan bagaimana Shardeum menghilangkan Krisis MEV

Apa itu Miner Extractable Value (MEV)?

Miner extractable value (MEV) adalah ukuran keuntungan yang dapat diperoleh penambang (atau validator, sequencer, dll.) melalui kemampuan mereka untuk secara sewenang-wenang memasukkan, mengecualikan, atau memesan ulang transaksi dalam blok yang mereka hasilkan.

Salah satu bentuk MEV pertama yang diderita pengguna adalah front running yang dilakukan oleh bot yang hanya meniru transaksi pengguna dengan harga gas yang lebih tinggi sehingga penambang akan memilih transaksi mereka yang lebih mahal daripada yang lain. Meskipun front running telah berevolusi, dan tidak lagi direpresentasikan dalam bentuk itu, para penambang sekarang memanfaatkan serangan semacam itu. Front running terjadi ketika penambang mendapat untung dengan menempatkan transaksi khusus mereka tepat di depan pengguna, membuat transaksi berikutnya gagal sementara transaksi penambang berhasil dan menguntungkan. Hal ini terjadi karena para penambang dapat mengatur ulang transaksi sesuai keinginan mereka sendiri, menggunakan posisi informasi istimewa mereka untuk melakukan perdagangan terlebih dahulu dengan memanfaatkan peluang perdagangan dari sinyal transaksi pengguna.

Selain front running, serangan MEV yang paling umum juga termasuk back running, yang mengacu pada penambang yang mendapat untung dengan mengambil keuntungan dari bagaimana pelaksanaan transaksi pengguna akan mengubah kondisi pasar dan menempatkan transaksi spesifik mereka tepat setelah pengguna.

Serangan sandwich adalah kombinasi dari dua di atas untuk secara khusus menghasilkan keuntungan dan mengambil keuntungan dari transaksi yang diajukan pengguna.

Semua bentuk MEV ini hanya dapat dilakukan oleh penambang, karena hanya mereka yang memiliki kekuatan untuk mengatur transaksi dalam satu blok. Jenis ekstraksi nilai ini dapat terjadi karena desain mempool Ethereum, karena satu-satunya motivasi bagi penambang untuk memasukkan transaksi ke dalam blok adalah jumlah hadiah yang akan mereka peroleh.

Bagaimana Shardeum MEMECAHKAN krisis MEV?

Miner extractable value (MEV) hanya dimungkinkan karena ethereum dan jaringan lain memiliki kemampuan untuk memasukkan, mengecualikan, atau menyusun ulang transaksi di dalam blok yang mereka hasilkan dengan mengajukan transaksi dengan harga gas yang sedikit lebih tinggi. Di Shardeum, transaksi diproses berdasarkan First-come, First-serve basis (FCFS), dengan tarif gas yang sama untuk memastikan keadilan. Karena di Shardeum tidak ada transaksi prioritas dan semua transaksi diproses di FCFS, nilai yang dapat diekstrak Penambang atau berjalan di depan atau di belakang tidak dimungkinkan.

Front running telah secara fundamental dan sayangnya, berkembang menjadi malpraktik etis bernilai miliaran dolar dalam memasuki ekuitas, opsi, kontrak berjangka, derivatif atau pertukaran berbasis keamanan untuk memanfaatkan pengetahuan non-publik di muka tentang transaksi besar yang tertunda yang akan mempengaruhi harga sekuritas atau koin/aset yang mendasarinya.

Swapped Finance juga aman dengan fitur dasar Shardeum Blockchain di mana Swapped Finance dikembangkan, melindungi penggunanya dari MEV dan bentuk lain seperti front running dan back running.

Referensi : https://coinmarketcap.com/alexandria/glossary/miner-extractable-value-mev , Moneycontrol , Shardeum

Ikuti kami di Twitter dan bergabunglah di Discord kami.

--

--

--

Just ordinary Crypto 🖤 NFT!

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Rocket Boys

Rocket Boys

Just ordinary Crypto 🖤 NFT!

More from Medium

Bora Bora Koala x Barn Owlz

AZEROTH

Serious Cats😼

MigraCoin, one Token for the migrant community