Shardeum — Apa itu Krisis MEV di Blockchain dan Bagaimana Shardeum Akan Menghilangkannya?

Apa itu Miner atau Maximal Extractable Value (MEV)

Menurut situs web Ethereum, “Nilai yang dapat diekstraksi maksimal (MEV) mengacu pada nilai maksimum yang dapat diekstraksi dari produksi blok melebihi hadiah blok standar dan biaya gas”. Untuk menguraikan, Miner Extractable Value adalah ukuran keuntungan yang dapat diperoleh penambang (atau validator, sequencer, dll.) melalui kemampuan mereka untuk secara sewenang-wenang memasukkan, mengecualikan, atau memesan ulang transaksi dalam blok yang mereka hasilkan.

Front Running

Salah satu bentuk MEV pertama yang diderita pengguna adalah front running yang dijalankan melalui bot. Bot hanya mereplikasi transaksi pengguna dengan harga gas yang lebih tinggi sehingga penambang akan memilih transaksi yang paling mahal daripada yang lain. Saat ini, front-running telah berkembang dengan teknik baru dan penambang masih sangat memanfaatkan celah terkait dalam protokol jaringan seperti di Ethereum misalnya.

Front running biasanya terjadi ketika penambang mendapat untung dengan memprioritaskan /memilih transaksi mereka daripada transaksi pengguna, yang mengakibatkan yang terakhir tertunda atau bahkan gagal. Ini terjadi karena para penambang dapat mengatur ulang transaksi atas keinginan mereka sendiri untuk mengenali / mengeksekusi perdagangan dan memanfaatkan peluang perdagangan dengan isyarat lanjutan yang diberikan oleh transaksi pengguna.

Back Running

Di samping lari depan, serangan MEV paling umum lainnya termasuk lari balik yang persis berlawanan dengan lari depan. Di sini penambang berusaha menghasilkan keuntungan tergantung pada bagaimana transaksi pengguna memengaruhi kondisi pasar dan kemudian secara sewenang-wenang memilih transaksi dengan biaya tinggi tertentu di antara transaksi yang dilakukan oleh pengguna di seluruh dunia pada waktu tertentu.

Keistimewaan Eksklusif Penambang/Validator di Jaringan Generasi ke-1 dan ke-2

Serangan sandwich adalah kombinasi dari dua hal di atas untuk secara khusus menghasilkan keuntungan dengan memprioritaskan transaksi yang menguntungkan oleh validator / penambang.

Semua bentuk MEV ini hanya dapat dieksekusi oleh penambang atau validator, karena mereka adalah satu-satunya yang memiliki kekuatan untuk mengatur transaksi dalam satu blok. Jenis ekstraksi nilai ini biasanya terjadi di jaringan blockchain generasi pertama dan kedua sebagai bagian dari desain mempool mereka yang cacat (di situlah transaksi yang diserahkan tetapi belum diproses disimpan). Ini bukan untuk menggambarkan Bitcoin dan Ethereum sebagai kejahatan. Bahkan jaringan blockchain yang lebih baru, yang dapat dianggap sebagai generasi ketiga, berutang banyak kepada mereka berdua sebagai hasil dari inovasi mereka yang secara fundamental mengubah dunia dengan cara yang positif.

Blockchain Sebelumnya Tidak Dirancang untuk Skalabilitas

Blockchain sebelumnya dibangun untuk keamanan dan desentralisasi tetapi bukan skalabilitas sebagai bagian dari batas yang diberlakukan sendiri pada penyimpanan data dan mekanisme konsensus yang sulit. Ingat Bitcoin diperkenalkan setelah krisis keuangan 2008 yang mengungkap titik-titik sentral kegagalan dan kurangnya keamanan bagi para pedagang eceran. Dan untuk menetralkan beban kerja puncak pada rantai yang mapan dan populer, mereka dianggap telah berkompromi pada keadilan yang telah menjadi titik sakit selama bertahun-tahun. Selain MEV, solusi lain untuk skalabilitas melibatkan pengembangan solusi lapisan 2 (seperti Polygon) yang lebih dapat diskalakan di atas blockchain lapisan 1. Namun solusi semacam itu akhirnya mengorbankan desentralisasi seiring berjalannya waktu.

Solusi semacam itu mungkin telah menetralkan skalabilitas dan masalah kemacetan yang dihasilkan sampai batas tertentu pada jaringan tetapi jika Anda melihat dengan blockchain apa pun saat ini termasuk yang terbaru, kemacetan dan pemadaman masih merupakan hal yang lumrah justru karena ketidakmampuan mereka untuk meningkatkan skala dibandingkan dengan jaringan Web 2. Jaringan lapisan 1 dapat mengubah beberapa protokol bermasalah mereka dengan bantuan komunitas masing-masing tetapi setiap perubahan besar pada jaringan blockchain biasanya merupakan tugas yang sangat sulit karena konsensus komunitas diperlukan. Perhatikan, jaringan blockchain open source kurang lebih dimiliki oleh komunitas, bukan CEO atau CTO.

Bagaimana Shardeum Menyelesaikan Krisis MEV

Seperti disebutkan di atas, MEV hanya dimungkinkan karena Ethereum dan banyak jaringan lain memiliki kemampuan untuk memasukkan, mengecualikan, atau menyusun ulang transaksi dalam blok yang mereka hasilkan ketika pengguna mengirimkan transaksi mereka dengan harga gas (biaya transaksi) yang sedikit lebih tinggi. Namun, di Shardeum, transaksi diproses berdasarkan First-come, First-serve (FCFS) yang diberi stempel waktu, dengan tarif gas yang sama untuk semua transaksi untuk memastikan keadilan. Dan karena Shardeum tidak akan secara sewenang-wenang memprioritaskan transaksi dan menerima “suap”, Miner Extractable Value atau front running/back running tidak dimungkinkan.

Catatan, Shardeum dapat melakukan ini sebagai hasil dari kemampuannya untuk menskalakan secara linier di mana setiap node yang bergabung dengan jaringan meningkatkan throughput (kecepatan) secara proporsional. Saat ini Ethereum memiliki hingga 300.000 node aktif dengan TPS (transaksi per detik) maksimum 45. Dengan 300.000 node di Shardeum, ia dapat mencapai 300.000 TPS yang lebih dari sebanding dengan jaringan Web 2 yang ada seperti Visa atau PayPal. Jadi terlepas dari apakah jaringan memiliki beban puncak atau tidak, biaya gas seperti yang disebutkan sebelumnya, akan sangat rendah (sekitar $0,01) dan konstan untuk semua transaksi. Selain penskalaan linier, mekanisme konsensus dan fitur penskalaan otomatis antara lain yang digunakan pada jaringan juga membantu mencegah kemacetan jaringan.

Itu Sebabnya ‘Keuangan yang Ditukar’ Membangun di Shardeum

Karena Shardeum bisa dibilang akan menjadi jaringan pertama yang memecahkan trilema blockchain, kami di Swappped Finance telah lama memutuskan untuk membangun dan menyebarkan DApp DeFi (Decentralized Finance yang memungkinkan peminjaman, peminjaman, dan perdagangan) kami di jaringan. Shardeum saat ini sedang dalam tahap alphanet, yang akan diikuti oleh tahap testnet yang lebih canggih yang disebut betanet dan mainnet akan ditayangkan pada akhir tahun 2022.

Dengan teknologi inovatifnya, kami percaya proyek DApp kami dapat memanfaatkan keadilan, skalabilitas, dan keamanan Shardeum untuk memastikan produk dan layanan kami digunakan oleh pengguna di masa depan dengan lancar. Dan Shardeum jelas kami membutuhkan solusi untuk masalah yang ada di blockchain pada tingkat lapisan-1/protokol untuk membuat produk yang dibangun di atas ekosistem melayani miliaran orang dengan biaya rendah, keamanan tinggi dikurangi pihak ketiga mana pun untuk memutuskan nasib Anda. Swappped Finance, selanjutnya, akan merilis blog tentang cara menggunakan layanan DeFi kami segera.

Kesimpulan

Sayangnya, front running telah berkembang menjadi malpraktek etis bernilai miliaran dolar yang telah menyusup ke pasar spot dan derivatif kripto. Mereka sudah memiliki sejarah panjang dengan pasar spot dan derivatif bursa saham di mana penetrasi mereka lebih terlihat. Lebih lanjut, krisis MEV ini telah berdampak pada berbagai produk DeFi terutama swap dan likuiditas yang sangat penting bagi sektor ini.

Meskipun MEV tampaknya dimaksudkan untuk menjadi ukuran stop gap pada jaringan yang lambat, bahwa bersama dengan ketergantungan energi telah lama mengganggu industri kripto secara keseluruhan. Terlepas dari apakah MEV adalah stop gap atau tindakan yang disengaja, gagasan untuk memprioritaskan transaksi pengguna yang menambahkan biaya gas yang lebih tinggi hanya terbang melawan cita-cita ekosistem Web 3. Itulah salah satu masalah utama yang akan diperbaiki Shardeum yang membantu pengembang seperti kami untuk fokus pada layanan dan utilitas kami alih-alih infrastruktur yang memungkinkannya.

Konten/pendapat yang diungkapkan dalam publikasi ini adalah milik penulis. Mereka tidak selalu bermaksud untuk mencerminkan pendapat atau pandangan Shardeum Foundation.

Tentang Penulis : Penulis adalah pengembang-cum-pendiri proyek Web 3. Dia saat ini sedang mengembangkan DApp yang disebut Swappped Finance dan ditayangkan langsung di Shardeum testnet (Liberty). Anda dapat mengikuti mereka di Twitter dan Discord

--

--

Just ordinary Crypto 🖤 NFT!

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store