Asal Usul Aptos

Hari ini adalah asal-usul Aptos. Misi kami adalah menciptakan akses universal dan adil ke aset terdesentralisasi untuk miliaran orang.

Aptos adalah proyek independen baru untuk memenuhi visi kami dalam menghadirkan blockchain teraman dan paling siap produksi di dunia.

Sementara blockchain telah berkembang jauh, bukan rahasia lagi bahwa mereka masih penuh dengan bahaya dan kebingungan. Gerakan desentralisasi berjuang untuk mencapai kecepatan lepas karena keandalan, keamanan, dan kegunaan tidak dapat diterima begitu saja. Secara kolektif, masalah ini menahan adopsi, dari rata-rata individu hingga perusahaan terbesar di dunia. Diperlukan blockchain Layer 1 baru, yang ditujukan khusus untuk memecahkan masalah ini. Aptos dirancang dengan penekanan pada keamanan mutlak, skalabilitas yang dapat diperluas, dan netralitas yang kredibel — nilai-nilai yang kami ketahui secara langsung dan pahami secara mendalam.

Kami tidak memulai dari awal.

Kami adalah pencipta, peneliti, perancang, dan pembangun asli Diem, blockchain yang pertama kali dibuat untuk tujuan ini. Sementara dunia tidak pernah melihat apa yang kami bangun, pekerjaan kami masih jauh dari selesai.

Kami memiliki kemewahan untuk memikirkan masalah ini bersama beberapa insinyur paling cerdas di dunia selama bertahun-tahun. Sejak meninggalkan Meta (sebelumnya Facebook), kami dapat mewujudkan ide-ide kami, menghilangkan birokrasi, dan membangun jaringan yang sama sekali baru dari bawah ke atas yang membuahkan hasil. Kami sekarang siap untuk mensosialisasikan ide-ide tersebut secara lebih luas dan mulai mengirimkan infrastruktur yang telah kami sempurnakan.

Aptos akan dibangun sebagian pada teknologi yang kami kembangkan secara terbuka selama tiga tahun terakhir. Aptos menggunakan Move, bahasa yang aman dan andal yang awalnya dikembangkan untuk Diem. Ide-ide yang kami susun saat itu masih relevan dan akan berfungsi sebagai fondasi penting untuk Web3 yang aman, dapat diskalakan, dan dapat ditingkatkan. Rencana kami untuk desentralisasi dan akses tanpa izin berjalan dengan cepat dan akan dikembangkan secara terbuka.

Keterbukaan adalah satu-satunya cara untuk mencapai netralitas yang kredibel.

Kami memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam mengembangkan dan menerapkan sistem dalam skala besar, dan seluruh tim kami telah mendedikasikan karier kami untuk panggilan ini. Salah satu pendiri saya, Avery Ching , adalah salah satu pakar terkemuka di dunia dalam membangun sistem terdistribusi dan menskalakannya untuk miliaran pengguna. Tim pendiri lainnya di Aptos terdiri dari kelompok PhD, peneliti, insinyur, perancang, dan ahli strategi yang mengesankan termasuk Alden Hu, Alin Tomescu, Dahlia Malkhi, David Wolinsky, Greg Nazario, J ake Skinner, Josh Lind, Max Kaplan, Mo Ahmad, Neil Harounian, Rati Gelashivili, Rustie Lin, Sasha Spiegelman, Sherry Xiao, Sital Kedia, dan Zekun Li.

Sebagai sebuah tim, kami didorong oleh keyakinan bahwa kami adalah orang yang tepat untuk membangun jaringan yang paling aman, paling skalabel, dan paling dapat diakses secara luas. Itu mungkin terdengar klise atau terlalu indah, tetapi kami bersungguh-sungguh: utilitas dunia tidak dapat berhasil di tangan beberapa orang. Aptos hanya akan berhasil jika digunakan, dimiliki, dan dipelihara secara kolektif oleh semua orang.

Sekarang, pada iterasi keempat dari protokol konsensus, kami yakin bahwa Aptos mampu menghadirkan keterjangkauan, desentralisasi, dan kecepatan ke kehidupan sehari-hari miliaran pengguna internet. Ini adalah protokol BFT dengan latensi terendah, responsif secara optimis, dan memiliki sistem reputasi on-chain yang kuat dan metode baru untuk eksekusi paralel — faktor kunci kecepatan dalam skala. Kami akan dengan cepat menerapkan banyak inovasi utama dalam kinerja, fungsionalitas, dan peningkatan pada keseluruhan pengalaman pengguna dan memanfaatkan kemampuan kami untuk melakukan peningkatan besar secara mulus dalam prosesnya.

Dalam beberapa minggu mendatang, devnet Aptos akan diluncurkan, menyediakan tempat bermain untuk dijelajahi oleh pengembang di mana pun. Tak lama setelah itu, akan ada testnet berinsentif diikuti oleh mainnet, yang kami perkirakan akan diluncurkan akhir tahun ini. Kami juga akan mulai mengumumkan beberapa mitra yang telah berkomitmen untuk membangun dengan Aptos dalam jangka panjang.

Ayo membangun bersama kami.

Saya mengajak semua orang untuk memberikan masukan dan bergabung dengan komunitas Aptos. Kami mencari pembuat, validator, pengguna, merek, pembuat, dan orang percaya. Jika itu Anda, ikuti kami di Twitter dan lihat papan pekerjaan kami .

Aptos (Ohlone untuk “The People”) mencakup misi dan etos kami mengapa kami membangun.

  • Mo, Avery, dan Tim Aptos

Dialih bahasa ke Indonesia dari artikel asli Aptos.

--

--

--

Just ordinary Crypto 🖤 NFT!

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Rocket Boys

Rocket Boys

Just ordinary Crypto 🖤 NFT!

More from Medium

Is there such a thing as ‘bad publicity’?

The Evolving Role of Identity — So what’s next?

How to explain Zero-knowledge Proof in simple words.

Layer Two: Hanging Gardens