Cara Mencetak Kripto Anda Sendiri di Shardeum Testnet — Bagian 2

Apa itu Token ERC-20?

Token ERC 20 dikeluarkan di jaringan Ethereum. Mereka telah muncul sebagai standar teknis pada blockchain Ethereum untuk implementasi token dan memberikan daftar aturan yang harus diikuti oleh semua token berbasis Ethereum. Catatan tambahan : Ethereum adalah blockchain lapisan 1 yang membawa beberapa blockchain L1 dan L2 yang independen dan bergantung sebagai hasil dari EVM yang sangat otomatis/tervirtualisasi.

‘ERC’ adalah singkatan dari ‘Ethereum Request for Comment’. ERC-20 secara khusus memiliki enam fungsi pengkodean yang berbeda. Dalam hal implementasi pengkodean untuk token ERC-20, enam fungsi pengkodean dasar adalah sebagai berikut:

  1. Total pasokan
  2. Keseimbangan
  3. Uang saku
  4. Transfer
  5. Setuju
  6. Transfer dari

Buat dan Sebarkan Token ERC-20 Anda menggunakan Remix

Dalam tutorial langkah demi langkah ini, Anda akan mempelajari cara membuat dan menerapkankan token ERC-20 di testnet Shardeum Liberty (alphanet). Kami akan menggunakan Metamask dan Remix IDE untuk tutorial ini.

Tambahkan Jaringan Shardeum ke Metamask/Token Klaim

MetaMask memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengelola kunci akun, menyiarkan transaksi, mengirim dan menerima cryptocurrency dan token berbasis Ethereum, dan terhubung dengan aman ke aplikasi terdesentralisasi melalui browser web yang kompatibel atau browser bawaan aplikasi seluler. Klik di sini untuk menginstal ekstensi MetaMask di browser Anda.

Dan ikuti instruksi ini untuk menambahkan Shardeum ke dompet MetaMask dan mengklaim uji 100 token $SHM dari faucet Liberty (alphanet).

Menulis Kode Menggunakan Remix

Kami menggunakan Remix IDE untuk menulis kontrak pintar seperti yang disebutkan di atas. Di Remix, buat file kontrak baru. Sebagai referensi, saya menamai milik saya sebagai ‘ShardeumERC20Token.sol’ — Anda dapat menamainya sesuai keinginan. Dan, dalam kontrak, tulis kode berikut:

Izinkan saya menjelaskan kode secara singkat untuk referensi Anda:

  1. soliditas pragma ^0.8.0 — Baris ini menentukan versi kompiler Soliditas yang akan digunakan. ^0.8.0 berarti versi apa pun yang lebih besar dari 0.8.0.
  2. impor — Baris ini mengimpor standar token ERC-20 dari OpenZeppelin (OZ).
  3. kontrak ShardeumERC20Token adalah ERC20 — Ini menentukan kontrak baru, bernama LW3Token, dalam file Solidity kami. Juga, dikatakan bahwa kontrak ini adalah contoh dari ERC20.
  4. konstruktor — Pada dasarnya, kami membuat fungsi konstruktor yang dipanggil ketika kontrak pintar pertama kali digunakan.
  5. _mint — Fungsi internal dalam kontrak standar ERC20, yang berarti bahwa itu hanya dapat dipanggil oleh kontrak itu sendiri. Pengguna eksternal tidak dapat memanggil fungsi ini.
  6. 10 * 10 ** 18 – (yang sebenarnya 10 ^ 18) menentukan bahwa Anda ingin 10000 token lengkap dicetak ke alamat Anda.

Menyusun Kontrak Pintar

Kompilasi kontrak Anda dengan membuka tab ‘Compiler’ di Remix dan pilih ‘ShardeumERC20Token.sol’, lalu tekan ‘Compile’.

Menerapkan Kontrak Pintar di Shardeum Liberty (Testnet)

Mari kita terapkan pasokan tetap 10000 Token (Anda dapat mengubahnya ke pasokan lain pada tingkat kode).

Buka tab ‘Deployer’ di Remix.

Pilih lingkungan ‘Injected Web3’ (pastikan Anda memilih Shardeum Liberty Network), dan hubungkan dompet MetaMask Anda.

Sekarang, pilih kontrak ‘ShardeumERC20Token.sol’, dan masukkan nilai untuk argumen konstruktor ‘_Name’ dan ‘_Symbol’ seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Lanjutkan untuk mengklik ‘Transact’ dan menyetujui transaksi di ‘Metamask’ untuk menerapkan kontrak Anda!

Anda sekarang telah berhasil menerapakan Token ERC-20 di Shardeum Liberty!!

Setelah menerapkan, klik tombol ‘Salin Alamat’ untuk menyalin alamat kontrak.

Anda sekarang dapat pergi ke Shardeum Explorer dan mencari alamat kontrak Anda dan Anda seharusnya dapat melihatnya di sana!

Ambil tangkapan layarnya dan jangan ragu untuk mempromosikan token yang baru Anda buat di saluran media sosial. Perhatikan bahwa token ini tidak memiliki nilai dunia nyata. Pengembang berbasis Ethereum dapat menggunakannya untuk membayar biaya transaksi/gas untuk menerapkan dan mengembangkan proyek/dApps mereka di testnet Shardeum dan menjadi pemimpin ekosistem pada saat Shardeum meluncurkan mainnet pada Q4 tahun 2022. Hal hebat lainnya tentang Shardeum adalah Anda tidak perlu khawatir tentang kenaikan biaya gas lagi karena perkiraan biaya gas / transaksi di jaringan akan menjadi $ 0,01!

Melihat Token ERC-20 Anda di MetaMask

Sekarang, salin alamat kontrak Anda

Buka Metamask dan klik ‘Impor Token’ di tab Aset

Anda sekarang dapat memasukkan ‘Alamat Kontrak Token’ Anda, dan itu harus mendeteksi nama dan jumlah desimal secara otomatis.

Kemudian klik ‘Tambah’, dan Anda akan melihat saldo Anda di MetaMask!

Selamat! Anda telah berhasil menerapkan dan mencetak token ERC-20 Anda sendiri di testnet Shardeum!

Dan inilah tautan GitHub dari kode yang digunakan untuk membuat cryptocurrency saya sendiri di Shardeum.

Pendapat yang diungkapkan dalam publikasi ini adalah pendapat penulis. Mereka tidak selalu bermaksud untuk mencerminkan pendapat atau pandangan Shardeum Foundation.

Tentang Penulis: Vaijanath masuk ke ruang Crypto &Blockchain sejak 2017. Dia adalah buidler, trader, investor, cryptopreneur dan orang dari banyak perdagangan. Anda dapat mengikutinya di Twitter

--

--

Just ordinary Crypto 🖤 NFT!

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store