Shardeum Blockchain Testnet sudah Dimulai! Begini Cara Klaim 100 Token $SHM!

Apa itu Shardeum?

Shardeum adalah blockchain lapisan 1 terbaru Anda!! Jadi apa masalahnya? Ok mari kita mulai dan percayalah, Anda berada dalam perjalanan yang menyenangkan dan aman. Shardeum adalah platform kontrak pintar berbasis EVM yang dapat diskalakan secara linier. Fitur utamanya termasuk biaya transaksi yang rendah di jaringan selamanya (itu sangat melegakan terutama bagi pengembang, bukan?), Desentralisasi sejati dan keamanan yang solid. Pada dasarnya, Shardeum akan menjadi jaringan yang memecahkan masalah trilema blockchain untuk sekali dan untuk selamanya. Masalah ini mengacu pada batasan yang melekat pada blockchain dalam memungkinkan ketiga propertinya — skalabilitas, desentralisasi, dan keamanan — untuk hidup berdampingan pada saat yang bersamaan. Karena keamanan adalah fitur inti dari teknologi Web 3 seperti blockchain, jaringan yang ada sering kali membuat trade off antara desentralisasi dan skalabilitas. Jadi jaringan blockchain saat ini tidak memiliki kecepatan atau desentralisasi.

Sharding & Sharding Status Dinamis

Bagaimana Shardeum akan memecahkan trilemma blockchain? Seperti yang kami sebutkan dalam artikel ini, industri teknologi telah mengakui sharding database terpusat sebagai solusi utama untuk skalabilitas dalam berbagai aplikasi selama beberapa dekade sekarang. Sharding memecah pekerjaan memvalidasi dan mengkonfirmasi banyak transaksi komersial menjadi bit kecil dan dapat dikelola, atau pecahan. Ini membantu jaringan untuk memproses transaksi secara paralel di seluruh pecahan dengan kecepatan yang jauh lebih cepat.

Selanjutnya, konsensus (keamanan) di antara operator node yang tidak terkait (desentralisasi) dilakukan dan dicapai pada tingkat transaksi sebagai lawan dari tingkat blok yang merupakan kasus dengan blockchain biasa saat ini. Setelah setiap transaksi divalidasi/dikonfirmasi di seluruh pecahan, mereka kemudian ditambahkan ke blok secara berkala. Lapisan gula pada kue dengan Shardeum adalah itu akan menggunakan sharding keadaan dinamis (dynamic state sharding)’ saat memproses transaksi. Tanpa merinci secara detail, saya akan meringkas sharding status dinamis sebagai fitur utama yang memungkinkan skalabilitas linier pada jaringan yaitu throughput/kecepatan meningkat karena lebih banyak node bergabung dengan jaringan. Hal ini memungkinkan desentralisasi sejati dan akan mencegah kemacetan / pemadaman jaringan yang telah biasa kita lakukan di banyak jaringan blockchain terutama selama waktu sibuk.

Orientasi Miliaran Pengguna Harian

Ingat, ini bukan posting kritis tentang mengapa X dan Y tidak dapat melakukannya dan mengapa Shardeum dapat melakukannya. Ya, meskipun Shardeum memiliki aspek inovatif untuk itu, kita harus menyadari bahwa teknologi apa pun sebagai bagian dari sains dan penelitian tunduk pada evolusi. Kami sekarang beralih dari blockchain generasi ke-1 dan ke-2 (Bitcoin dan Ethereum) ke blockchain generasi ke-3. Faktanya, dengan melakukan siaran langsung pada akhir 2022, Shardeum bertujuan untuk menginspirasi jaringan lain untuk merevolusi Web 3.

Jika kita ingin memperbaiki kesalahan Web 2 dan menambahkan produk / layanan dengan perantara minimal dan titik-titik kegagalan utama, industri Web 3 harus bersiap-siap untuk onboarding miliaran pengguna dan jumlah dApps (aplikasi terdesentralisasi) yang tak ada habisnya dalam waktu dekat. Di Web 2, Visa memproses hingga 10k transaksi per detik (TPS). Dengan blockchain generasi pertama dan kedua di Web 3, kami hampir tidak melewati 50 TPS. Saat ini Ethereum menawarkan hingga 300 ribu node validator yang berpartisipasi dan mengamankan jaringan. Tetapi karena batas skalabilitasnya, rata-rata 20 TPS. Dengan 300k node validator, Shardeum dapat meningkatkan hingga 300k TPS dan itu hanyalah angka konservatif untuk pemahaman Anda.

Shardeum Roadmap

  • Alphanet (Testnet) — Q2 2022
  • Betanet (Testnet) — Q3 2022
  • Jaringan utama “mainet” — Q4 2022

Demo Alpha Testnet (Skalabilitas Linier)

Demo Shardeum alphanet disiarkan ke komunitas pada pertengahan April 2022. Ini berfokus pada demonstrasi fitur skalabilitas liniernya. Silakan lihat gambar yang diambil dari siaran di bawah ini. Mohon maaf atas kejelasan yang rendah. Demo di sebelah kanan menunjukkan TPS dengan 100 node sedangkan demo di sebelah kiri menunjukkan TPS meningkat dengan 200 node. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana jaringan blockchain lapisan 1 dapat mempercepat jalur dari alpha testnet ke mainnet dalam waktu satu tahun, harap dicatat bahwa lapisan protokol Shardeum, yang disebut Shardus, diluncurkan pada Q1 tahun 2017. Shardus telah berhasil menunjukkan algoritma konsensusnya ke skalabilitas linier/otomatis selama 4 tahun terakhir. Shardus akan berfungsi sebagai lapisan protokol sementara Shardeum akan menjadi lapisan aplikasi kontrak pintar “smart contract”.

Peluncuran Alpha Testnet AKA Liberty

Alphanet Shardeum alias Liberty resmi diluncurkan pada 26 April 2022 dengan banyak kemegahan dan kegembiraan di kalangan masyarakat. Bahkan komunitas Shardeum memilih dan memilih nama rilis testnet masa depan setelah ‘monumen’ di seluruh dunia. Ini mempertimbangkan fakta bahwa komunitas dan prinsip OCC (Terbuka, Kolaboratif dan Berbasis Komunitas) mewakili inti dari Shardeum. Monumen, seperti yang dibuktikan oleh komunitas Shardeum, terhubung dengan orang-orang dari setiap negara di seluruh dunia dan kami ingin orang-orang merasa bahwa mereka adalah bagian dari setiap rilis jaringan blockchain yang merevolusi secara global seperti Shardeum.

Dokumentasi Pengembang

Shardeum adalah platform kontrak pintar berbasis EVM dan karenanya ditulis dalam bahasa yang ramah pengembang — Solidity &Vyper. Jika Anda bosan dengan biaya gas yang tinggi dan throughput yang rendah pada platform berbasis Ethereum lainnya, Shardeum akan membuatnya semakin mudah bagi Anda untuk bermigrasi dan membangun dApps Anda di jaringan dan Anda tidak perlu khawatir tentang kenaikan biaya gas. Top dApps juga akan memenuhi syarat untuk mendapatkan hibah dari Shardeum Foundation. Anda dapat mengikuti dokumentasi pengembang untuk menyebarkan kontrak pintar dan dApps Anda di testnet Shardeum. Anda dapat mulai dengan mengklaim token SHM (tes) dari faucet Liberty. Mereka dapat digunakan untuk membayar biaya gas saat menyebarkan kontrak pintar Anda.

Klaim 100 Token SHM Uji dalam 3 Langkah Sederhana

1. Kunjungi Faucet Shardeum Liberty

Setelah menambahkan jaringan Shardeum Liberty ke dompet populer seperti MetaMask (panduan di sini), silakan kunjungi URL ini: https://faucet.liberty10.shardeum.org/. Halaman berikut akan dimuat.

2. Gunakan Akun Twitter Anda untuk Mengklaim SHM

Setelah Anda tiba di halaman yang disebutkan di atas, klik tautan “Tweet Now” di halaman tersebut. Harap dicatat bahwa , tweet diperlukan untuk menghindari kegiatan jahat atau penyalahgunaan faucet dan juga untuk menyebarkan misi Shardeum untuk membawa desentralisasi kepada semua orang.

Setelah Anda mengklik tautan, itu akan mengarahkan Anda ke akun Twitter Anda. Twitter akan secara otomatis terbuka dengan tweet yang telah diisi sebelumnya. Ganti alamat kosong: 0x00000 …., dengan alamat akun Anda dan posting tweet.

Setelah men-tweet, Anda dapat melanjutkan untuk mengklik tweet untuk mencatat dan menyalin URL tweet tertentu.

3. Tempel URL Tweet di Halaman Faucet Liberty

Rekatkan URL yang disalin ke halaman faucet Shardeum Liberty 1.0 dan minta SHM.

Pesan pop-up akan muncul jika permintaan berhasil dan 100 SHM akan segera tiba di dompet Anda.

Klaim 100 Token SHM Uji (Video 2 Menit)

Website | Telegram Group | Linkedin | Reddit | YouTube | Github | Newsletter

--

--

--

Just ordinary Crypto 🖤 NFT!

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Rocket Boys

Rocket Boys

Just ordinary Crypto 🖤 NFT!

More from Medium

NEARverse Labs — What You Need To Know

ZKSpace Weekly Dev & Operations Report (3.14–3.18)

NFTmall’s partnership with CoinBrain.

Staking XPRT: Guide on How to Stake XPRT (Persistence) with Persistence Wallet