Shardeum — Token Soulbound (SBT): Topik Menarik di NFT dan Web 3

Pengantar

Co-Founder Ethereum, Vitalik Buterin, baru-baru ini mengusulkan bentuk standar token baru yang bertujuan untuk memecahkan banyak kekurangan yang ada dalam arsitektur Web 3 yang menghasilkan peningkatan adopsi/pengalaman pengguna. Dalam whitepaper 37 halaman, yang ditulis bersama oleh Vitalik, ia menjelaskan bagaimana Soulbound Tokens (SBTs) mewakili visi Ethereum untuk internet yang transparan dan berkelanjutan.

Inti dari SBT adalah reputasi digital asli, transparansi, dan cita-cita membangun hubungan. Faktor kemampuan transfer dalam NFT dan token mengancam kepemilikan dan tata kelola yang otentik. Jadi, SBT Vitalik berusaha menciptakan masyarakat terdesentralisasi (DeSoc) yang mempromosikan hubungan manusia dengan cara Web 3 asli.

Apa itu Token Soulbound (SBT)

Lalu apa yang dimaksud dengan SBT? Token atau SBT Soulbound adalah token yang tidak dapat dipindahtangankan dan dapat dilihat publik yang terhubung ke alamat jiwa di blockchain. Meskipun tidak dapat dipindahtangankan, namun dapat dicabut oleh penerbit. ‘Soul’ adalah dompet yang menampung SBT Anda, lebih seperti dompet asli untuk cryptocurrency dan NFT Anda.

Untuk lebih menjelaskan SBT, mari kita telusuri asal-usulnya. Menurut posting blog Vitalik, konsep “Soulbound” berasal dari fitur game World of Warcraft. Dalam game, item yang tangguh adalah ‘Soulbound’ yang membutuhkan penyelesaian tugas yang sulit untuk mendapatkannya. Tidak ada jalan lain. Idenya adalah untuk membuat game ini menantang dan menyenangkan pada saat yang bersamaan.

Bayangkan dunia asli Web 3 di mana peserta memiliki Souls (dompet) yang menyimpan SBT yang setara dengan kredensial pendidikan/profesional, keanggotaan, dan afiliasi kredibel mereka. Dunia di mana entitas Web 3 tidak harus bergantung pada institusi terpusat di Web 2 untuk memverifikasi kualifikasi dan identitas individu. Setiap peristiwa atau aktivitas dicatat dalam Jiwa mereka melalui jaringan blockchain peer to peer.

Faktor non-transferability dalam SBT adalah apa yang membuat mereka unik. Misalnya, model Bukti Kehadiran yang memberi penghargaan kepada pengguna dengan NFT sebagai bukti partisipasi rentan terhadap pembajakan atau pemindahan. Seorang peserta dapat mentransfer kepemilikan NFT mereka ke orang lain, yang mengalahkan tujuan NFT. Tapi dengan SBT, bukan itu masalahnya. Token Anda adalah milik Anda dan tidak dapat diberikan kepada orang lain.

Gunakan Kasus Token Soulbound (SBT)

1. Pendidikan

Perguruan tinggi dapat menjadi Jiwa yang mengeluarkan SBT kepada mahasiswanya setelah lulus. Bahkan lembaga pelatihan atau platform pembelajaran digital dapat menjadi Jiwa yang memberikan SBT setelah selesai. Bagian terbaiknya adalah SBT ini tidak dapat ditransfer atau dijual, yang dengan demikian akan secara akurat mencerminkan kualifikasi individu. Dengan melihat Jiwa Anda, entitas dan komunitas Web 3 dapat melihat kualifikasi dan sertifikasi pendidikan Anda tanpa harus melalui semua proses birokrasi untuk menelepon almamater Anda dan mengonfirmasinya.

2. Bukti Kehadiran

Bayangkan sebuah perusahaan hanya mempekerjakan atau melibatkan orang-orang yang menghadiri acara tertentu. SBT akan membantu perusahaan dalam memilih hanya peserta yang sebenarnya. Ini juga akan mendorong partisipasi aktif dan keterlibatan dalam acara-acara yang menjanjikan SBT. Dan ingatlah, Bukti Kehadiran ini tidak dapat diubah setelah kehadiran dicatat di blockchain.

3. Seni NFT

Token Soulbound dapat membantu pembuat NFT untuk membangun reputasi di sekitar proyek dan komunitas mereka. Mereka dapat menautkan SBT ke koleksi NFT yang memungkinkan kolektor mengetahui token mana yang menjadi milik mereka. Ini akan menjadi terobosan bagi kreator NFT karena akan membantu menghilangkan aktor jahat dari pemalsuan dan pemalsuan identitas kreator.

4. Pemerintahan

Implementasi SBT akan mencegah serangan Sybil pada DAO. Selama serangan Sybil, penyerang memperoleh hak suara dengan membayar pemegang token asli untuk menyetujui/menolak proposal. Mereka bertujuan untuk meretas DAO agar sesuai dengan kebutuhan egois mereka. Dengan token Soulbound, hak suara akan tetap berada di tangan anggota komunitas lokal yang memegang teguh kemajuan dan pertumbuhan DAO.

5. Pinjaman Tanpa Agunan

Saat ini, sulit untuk melakukan pinjaman tanpa agunan di DeFi. Hanya beberapa platform yang menyediakan fitur ini dalam kondisi tertentu. Dengan Token Soulbound, inilah cara kerjanya: ketika Anda mengambil pinjaman dari protokol atau pertukaran pinjaman kripto, Anda akan diberikan SBT yang mengakui pinjaman yang dikreditkan. Dan setelah Anda melunasinya, Anda akan menerima bukti pembayaran SBT yang membatalkan pinjaman Anda. Ini akan membantu Anda ketika Anda mengajukan pinjaman di lain waktu karena pembayaran tepat waktu menunjukkan kelayakan kredit Anda.

Ini mungkin tidak terdengar terlalu berbeda dari pengalaman perbankan kami pada umumnya. Tapi ingat dengan desentralisasi, pihak ketiga tidak akan memutuskan kapan atau berapa banyak Anda berhak meminjam di lain waktu. Sebaliknya, inovasi seperti AMM dan kontrak pintar otomatis lainnya (kode perangkat lunak yang telah ditentukan sebelumnya) akan memungkinkan pengalaman pinjam meminjam dengan aturan yang adil, keamanan tambahan, dan pencegahan penyalahgunaan privasi untuk uang atau pengaruh. Selanjutnya dengan konsep biaya transaksi yang rendah di Web 3, pinjaman SBT tentu saja akan datang dengan suku bunga yang sangat rendah.

Apa Yang Terjadi Jika Saya Kehilangan Kunci Dompet Jiwa Saya?

Kelemahan utama dari dompet kripto adalah uang Anda hampir tidak dapat dipulihkan setelah Anda kehilangan kunci pribadi Anda dan lebih buruk lagi, frasa sandi Anda. Tapi ini berubah dengan SBT. Jika Anda akhirnya kehilangan frasa kunci Soul Anda, ada sistem yang disebut ‘Pemulihan Dompet Komunitas’ yang akan membantu Anda memulihkan token Soulbound Anda. Anggota komunitas Jiwa Anda perlu menyetujui Anda untuk memulihkan kunci Anda. Ini seperti algoritma konsensus yang digunakan dalam protokol blockchain, dalam hal ini, untuk memvalidasi kepemilikan Jiwa Anda.

Apa yang Terjadi jika Jiwa Saya Di-spam?

Ada kemungkinan bahwa Anda mungkin di-spam dengan token palsu. Whitepaper SBT mengusulkan untuk membakar NFT tersebut tanpa biaya gas yang dikeluarkan.

Kesimpulan

Adopsi pengguna Web 3 mencapai puncaknya pada tahun 2021, dengan NFT menjadi berita utama utama di seluruh media. Tetapi ada kekurangan dalam ekosistem DeFi dan NFT saat ini yang dimanfaatkan oleh aktor jahat dan orang-orang yang berkuasa. Akankah proposisi token Soulbound menjadi pengubah permainan di Web 3 mengingat kekurangan yang ingin dipecahkannya? Waktu akan menjawab. Tapi satu hal yang pasti. Masa depan Web 3 dan crypto terlihat menjanjikan, dan saya berpendapat bahwa SBT setidaknya merupakan langkah ke arah yang benar dengan keyakinan untuk meningkatkan teknologi blockchain yang mendasari yang memungkinkan ekosistem crypto.

Penafian: Blog ini awalnya diterbitkan oleh penulis di Substack -nya. Pendapat yang diungkapkan dalam publikasi ini adalah dari penulis. Mereka tidak selalu dimaksudkan untuk mencerminkan pendapat atau pandangan Shardeum Foundation.

Tentang Penulis: Aaron Barboza adalah manajer komunitas crypto penuh waktu yang juga terlibat dalam berbagai pemasaran & penjangkauan komunikasi. Anda dapat mengikutinya di Twitter

--

--

Just ordinary Crypto 🖤 NFT!

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store